Senin, 20 Mei 2024

Pisang Menyebabkan Asam Urat ?


Seorang teman berkata bahwa penyakit asam uratnya kambuh setelah makan pisang, lalu berkesimpulan bahwa pisang memicu penyakit asam urat kambuh. Benarkah demikian? Padahal pisang mengandung purin rendah dan banyak nutrisi yang bisa diserap tubuh. 

Mungkin kerena makan pisangnya berlebihan, atau makan selai pisang atau pisang goreng. Sebagaimana diketahui, pisang itu rendah purin tapi pisang yang manis mengandung fruktosa (pemanis) yang cukup atau bisa juga bisa tinggi kalau dibuat selai atau dijadikan pisang goreng. Hal ini disebabkan ketika dijemur atau digoreng maka air akan menguap sehingga tinggal fruktosa (dan mineral lain) terkonsentrasi. Fruktosa sendiri dalam tubuh diubah menjadi glukosa yang memberikan energi pada sel-sel tubuh. Tapi fruktosa juga menghasilkan purin ketika tubuh bermetabolisme. Jadi meskipun pisang rendah purin, kalau dimakan berlebihan (terutama yang manis) akan memicu penyakit asam urat kambuh.

Pisang merupakan sumber yang baik dari vitamin C, B6, dan potassium. Vitamin C baik untuk imun tubuh, vitamin B6 untuk otak dan potassium mengatur tekanan darah. Jadi pisang merupakan makanan yang dianjurkan bagi penderita tekanan darah tinggi. 

Jadi bagi penderita penyakit asam urat pisang (segar) merupakan buah yang sehat asal tidak berlebihan. Kalau bisa hindari pisang yang dibuat selai atau pisang goreng. Boleh dimakan tapi sedikit saja, kerena kalau memakan selai pisang maupun pisang goreng fruktosa yang cukup banyak akan masuk ke tubuh.

Segala sesuatu tidak baik kalau dimakan berlebihan. Tapi kalau kaki sedang bengkak kerena asam urat kambuh, sebaiknya jangan memakan pisang ataupun makanan lain yang manis. Kerena disamping akan dipecah menjadi purin, fruktosa juga dapat memicu peradangan. Tunggu sampai peradangan hilang dan bengkak sembuh, bisa kembali mengkonsumsi pisang asal tidak berlebihan.



Tidak ada komentar: