Senin, 20 Mei 2024

Sering Kramp di Kaki Ketika Sedang Tidur.


Ada berbagai penyebab kramp kaki ketika sedang tidur, seperti kelelahan kaki, duduk terlalu lama, hawa dingin, masalah syaraf, usia, dan berbagai penyakit serius yang meungkin melatarinya. Namun ada satu kemungkinan yang paling mungkin, yaitu  kekurangan zat kalium atau potassium yang disebut juga hypokalemia.

Potassium terdapat dalam berbagai buah, daging, susu  dan sayur hijau, tetapi hanya sedikit dalam nasi putih. Keperluan potassium per hari adalah 3.500 - 4.700 mg yang didapat dari berbagai makanan yang disantap. jadi kalau hanya menyantap nasi putih saja dengan sedikit lauk, tentu saja akan memicu kekurangan potassium

Fungsi potassium diantaranya :

1. Untuk sinyal syaraf. Kekurangan Kalium dapat menyebabkan kontraksi yang berkepanjangan yang menyebabkan kram otot.

2. Fungsi otot. Kalium adalah mineral penting yang membantu mengatur kontraksi otot. Ketika kadar kalium dalam darah rendah, otot menghasilkan kontraksi yang lebih lemah dan menyebabkan kram.

Kekurangan kalium dapat menyebabkan kaki sering semutan, telapak kaki / ujung jari terasa tebal. Untuk mengatasi hipokalemia ringan, makanlah makanan kaya kalium ke dalam menu makanan. Kalau buah/sayur misalnya pisang, alpukat, bayam, dan kacang-kacangan.

Selain terdapat dalam buah potassium juga banyak terdapat dalam daging, ikan, susu dan telur. Untuk yang sudah berumur atau penderita penyakit seperti asam urat/ hipertensi, pertimbanghkanlah untuk memakan sayur dan buah yang cukup, tapi hindari buah yang terlalu manis seperti durian dan mangga. jadi tidak baik untuk makan nasi putih saja dengan sedikit sayur. 

Tentu saja kekurangan kalium hanya salah satu saja dari penyabab masalah kramp di kaki. Juka anda menderita kasus ringan dan ingat jenis makanan yang dimakan. Kalau hanya memakan nasi putih, roti, buncis, timun, kubis hijau, dipastikan anda akan kekurangan mineral kalium, kerena makakan di atas termasuk rendah kalium. Untuk kasus yang lebih parah, sebaiknya konsultasi ke dokter.



Tidak ada komentar: